Ciri Ayam Sabung Birma dan Tips Melatih Bertarung

Posted on

Ciri Ayam Sabung Birma dan Tips Melatih BertarungCiri Ayam Sabung Birma dan Tips Melatih Bertarung

Ciri Ayam Sabung Birma – Diketahui bahwa banyak jenis ayam yang menjadi ayam aduan karena memiliki kemampuan bertarung. Salah satunya adalah ayam Burma yang sebenarnya berasal dari Burma dan kini disebut Myanmar.

Ayam Burma dikenal karena ketepatan serangan dan kecepatannya yang mengesankan. Tetapi kerugian yang perlu dipertimbangkan dengan ayam Burma adalah daya tahan mereka yang rendah.

Bangkok birma punya ciri yang berbeda dengan ayam jenis lainnya dalam sabung ayam.  Anda yang tertarik dengan ayam Burma bangkok harus memperhatikan ciri-cirinya. Jangan bingung ayam ini dengan jenis lainnya.

Karakter Dan Bentuk Fisik Bangkok Birma

Ciri Ayam Sabung Birma – Dari segi sosok, ayam ini memiliki ciri khas tersendiri. Anda perlu mengenal keistimewaan Bangkok Burmese Chicken jika akan membelinya. Dengan cara ini, Anda pasti mendapatkan ayam berkualitas baik dan tidak membuat pilihan yang buruk. Berikut ini bentuk fisik jenis ayam burma yang patut dikenali.

Ukuran Tubuh
Ayam jenis ini memiliki bobot berkisar antara 2 hingga 2,5 kg termasuk yang berukuran kecil untuk jenis petarung. Beberapa orang mengawinkan ras ini dengan ayam Thai Thai dari Bangkok. Hasil persilangan ini menghasilkan ayam bangkok yang lebih kuat dan lebih besar.

Bentuk Wajah
Jika dilihat dari wajah ayam itu, terlihat tajam seolah membentuk garis lurus. Ukuran kepala lebih kecil dari pada ayam Vietnam, yellow tubing atau ayam mangon. Ayam Bangkok Burma memiliki ukuran telinga yang sedikit lebih besar dibandingkan jenis lainnya namun memiliki paruh yang lebih kecil. Beberapa jenis ayam ini memiliki kayu semak yang berada di bawah paruhnya.

Mata

Jika diperhatikan, Ayam Bangkok Burma memiliki mata yang melotot. Bentuk mata tersebut membuat ayam ini tampil angker, garang dan buas. Kesan kejam pada ayam ini bahkan melebihi daya tarik dari pertarungan jenis lainnya.

Tulang Kaki
Kekuatan tulang kaki ayam ini adalah kelemahannya. Tulang kaki lebih kecil dan lebih tipis dari jenis lainnya. Tulang ayam ini akan semakin keras saat mencapai usia 12-15 bulan.

Gaya Bertarung Ayam Sabung Birma

Keterampilan adu ayam ini agak unik dan berbeda dari jenis gaya bertarung lainnya. Untuk lebih memahami hal ini, pertimbangkan untuk membahas secara singkat gaya bertarung ayam Burma Bangkok.

Cara Menyerang
Ayam Bangkok Burma selalu menjaga jarak dari lawannya saat berada di area pertarungan. Jika hendak diserang oleh lawan, ayam ini akan menyalip lawannya dengan pukulan yang kuat.

Gerakan
Saat berada di medan pertempuran, ayam akan bergerak ke segala arah. Saat melihat ada peluang, ayam ini akan menyerang lawannya. Pergerakan Bangkok Burmese Chicken akan bergantung pada gaya bertarung musuh.

Pukulan
Ayam ini berpeluang menjadi juara karena kekuatan dan akurasi pukulannya. Bangkok Burmese Chicken dapat mengenai mata, paruh atau kepala lawan dengan tepat sasaran. Kekuatan pukulan ayam ini sangat berbahaya, apalagi jika sudah memiliki taji.

Kecepatan dan Kecerdikan
Soal adu kecepatan, ayam Burma asal Bangkok ini tidak kalah dengan lawannya. Ayam ini pintar karena bisa mengimbangi gaya bertarung yang berbeda dari para pesaingnya. Kemampuan tarung Ayam Burma Bangkok tentunya tidak akan sempurna tanpa pelatihan dan perawatan yang tepat. Pakan unggas khusus ini mungkin sedikit berbeda dari pakan ayam Bangkok.

Memberikan makanan yang baik, perawatan dan pelatihan akan memastikan bahwa ayam ini memiliki kemampuan bertarung yang sesuai. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara merawat ayam ini dengan benar.

Tips Melatih Bangkok Birma Sabung

Ada 5 cara melatih ayam burma menjadi super tangguh dalam pertarungan:

1. Mandi Dan Jemur
Memandikan ayam juga memiliki fungsinya masing-masing yaitu melatih daya tahan tubuh ayam agar lebih kuat. Setelah dimandikan, ayam harus dijemur untuk melatih pernapasannya. Pada kasus ayam yang akan dijadikan sebagai penyakit tentu saja daya tahan tubuhnya harus kuat yang sangat penting dalam upaya melawan ayam.

2. Memijat ayam
Ternyata pijatan dibutuhkan tidak hanya oleh manusia, tapi juga oleh ayam aduan agar tetap segar. Tidak semua ayam diperlakukan dengan cara khusus ini, hanya ayam yang akan dijadikan petarung. Sering melakukan pijatan pada kaki, sayap, batang tubuh dan kepala ayam akan memperlancar peredaran darah. Ini akan membuat ayam lebih segar dan siap bertarung.

3. Latihan Bertarung
Selain memandikan dan memijat ayam, langkah selanjutnya adalah melatih mereka untuk bertarung. Karena ayam jenis Burma ini sering digunakan sebagai ayam aduan, seringkali perlu dilatih untuk bertempur. Seringkali, dengan melatihnya untuk bertarung, Anda akan tahu teknik apa yang dimiliki ayam Anda untuk memukul lawan.

4. Melatih Melompat
Mungkin cara ini akan terlihat aneh bagi Anda sebagai pemula, melatih ayam burma untuk melompat jelas memiliki tujuan dan manfaat tersendiri. Tujuan utamanya untuk memperkuat otot dan persendian kaki ayam. Jika memungkinkan, Anda melatihnya sejak usia dini agar ayam lebih cepat berkembang. Selain itu anda juga bisa memperhatikan asupan makanan dan vitamin serta kebersihan kandang untuk menunjang perkembangan ayam yang kuat dan sehat.

5. Melatih Berenang

Berenang merupakan olah raga terbaik bagi manusia, apalagi melatih ayam untuk berenang tentunya sangat jago dalam membangun otot sayap yang lebih kuat. Selain itu, ini memperkuat otot kaki agar lebih kuat selama pertempuran. Ayam burma yang sering dilatih dengan berenang juga akan membuat mereka tidak terlalu lelah saat memukul.

6. Memberikan Asupan Gizi Yang Tepat
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah asupan makanan. Karena betapapun hebatnya ayam tersebut, akan mudah tersesat jika makanan tidak disajikan dengan benar. Untuk ini, Anda perlu mempertahankan diet vitamin yang tepat untuk melawan ayam.

7. Menjaga Stamina
Layaknya manusia, ayam Burma juga perlu menjaga staminanya. Bagaimana kamu melakukannya? Tolong beri bumbu atau ramuan khusus untuk melawan ayam. Jika bisa, berikan herba atau ramuannya sendiri. Karena Anda bisa mempercayai jamu atau ramuan herbal untuk menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Dengan cara ini Anda bisa melatih ayam Burma menjadi super tangguh dalam pertarungan dan pertarungan. Semoga artikel ini dapat memperkaya pengetahuan kita tentang cara merawat ayam.

Baca juga : Istilah Dan Aturan Sabung Ayam Serta Ciri ayam F1